Emak, Gue Jadi Artis!

“Mak, liat deh tuh!” kataku seraya menunjukkan jari ke arah televisi.
“Apaan sih?” timpal Emak yang penasaran.
“Itu loh mak acara di tipi. Noh, emak liat kan? Duh mak, hati gue serasa diiris-iris liat begituan. Untungnya kita nggak separah dan bersyukurnya lebih beruntung di banding mereka-mereka ye mak.” Cerocos gue dengan hati miris sembari mantengin layar televisi yang lagi nayangin acara orang pinggiran.
“Oh, emak sih udah biasa liat kek gituan. Namanya juga Indonesia Yan, ada semacam kejengkingan ekonomi gitu, yang kismin yah kelewat kismin, lah yang kaya, hartanye udah kaya tai ayam dah, berceceran dimana-mana. Ckck.” Tanggap emak sok udah kaya pejabat gedongan yang gede omong.
“Mak, sebenernye kita ini kegolong apaan si? Kismin apa Kaya?”
“Pikir aja sendiri deh lu! Udah mau jadi sarjana masa tanya begonoan. sia-sia deh uang emak buat nyekolahin elu selama ini.” Cibir emak dengan gaya tengil yang bikin gue empet plus pengen ngerampok uang di dompet nya yang selalu dikempit diketiaknya kemanapun emak pergi.
“Mak, emak cari duit susah kaga?” tanya gue lagi. Ya seperti sebelum-sebelumnya, pertanyaan yang gue lontarin pasti konyol semua. Udah gitu, nggak berbobot lagi.
“What? Elu kalo tanya emang nggak pernah mikir dulu yah! Cari duit ya susah lah!!! Udah ah sini remotenya! Emak mau liat sinetron kesayangan emak dulu.” semprot emak.
Serobotan tangan emak langsung meraih si remote yang sering bikin gue sama emak berantem gegara keinginan nonton acara tv gue sama emak itu berbenturan. Si emak pengennya tuh nonton sinetron yang kaga pernah kelar dan berbelit-belit sampe jutaan episode. Terus, si emak juga kadang pengennya nonton ftv yang hawa-hawanya romatis gitu biar terkesan jadi daun muda lagi. Atau juga si emak pengen nonton acara tv yang bener-bener aneh kaya acara siluman di stasiun tv berlogo ikan asin yang khayalannya udah bener-bener kronis. atau kalo nggak, emak pengennya nonton acara gossip artis yang bikin dosa jadi bejibun. Nah, Sedangkan gue, gue itu sukanya nonton acara yang berbau kehidupan banyak orang melarat alias nggak mampu, tujuannya biar gue agak mensyukuri nikmat yang udah Tuhan berikan ke gue. Tapi kata emak sih kalo gue nonton acara kehidupan orang terbelakang gitu, bukannya tambah mensyukuri nikmat, tapi malah tambah bikin melarat. Huft, persepsi maniak sinetron tuh!

Dasar emak-emak di seantero jagad raya emang seleranya begonoan. Nontonin acara enggak berbobot! Iyuh iyuh semua lagi. Padahal di sinteron/ftv gitu Artis-artisnya jelek-jelek loh, nggak ada yang cantik! Tapi anehnya emak masih juga mantengin gituan tiap hari sampe matanya pindah ke pantat. Huh, Mendingan juga mantengin gue, anaknya emak yang tercantik jelita sedunia ini. Udah menarik, gratis, nggak perlu bayar tagihan listrik pula. Cekikik.

Eits, kok tiba-tiba gue punya pikiran buat bisa ngebuat emak bosen mantengin sinetron/ftv yak? Haha. Yes! Gue dapet ide cemerlang.

Matahari meleleh tiada tara. Keringat gue terpaksa harus mengucur deras di sepanjang jalanan ibukota. Benar-benar pengen gue tonjok tuh matahari! Nggak pengertian banget sih kalo gue sekarang lagi puasa, capek, dan dehidrasi. Udah gitu motor butut “PITUNG” gue pake mogok segala. Sialan emang.

Beginilah nasib mahasiswi dari Dork Gaskin Raya (Dorongan Keluarga Miskin Rada Kaya/alias pas-pasan) yang tiap harinya ngisap kentut metromini di sepanjang jalanan kota metropolitan. Dan setiap kali gue lewat jalan ini, pasti motor kuno gue mogok gegara ikut-ikutan puasa kaya si empunya. Hehe puasa bensin maksudnya.
Terpaksa deh kalau habis mogok, setiap hari gue juga harus dorong nih motor sampe rumah. Bayangin! Jauhnya kaya Indonesia ke Negrinya Raja Fir’aun yang banyak gurunnya itu.
Dan mengejutkannya kalau udah sampe rumah, si emak malah ngintip-ngintip gue dari jendela yang ketutup gorden sambil cekikikan kaya orang gokil karena ngeliat gue ngedorong motor tua nan renta itu. hiks. Emak kayanya seneng banget kalau anak tercantiknya menderita begini. “Mak, anak cantik lu yang ini masa harus tiap hari perang sama matahari terus? Kan kulit anak lu bisa jadi item, kusut, jelek, entar enggak imut lagi, enggak cantik lagi, enggak mungil lagi, enggak unyuk lagi, gimana makkk? Lu kok jahat? Beliin mobil kek mak! Masa mahasiswi terkemuka paling bersinar kaya gue harus bolak-balik rumah kampus sama motor peninggalan engkong buyut? Entar keseksian gue ilang mak… huah emak, gimana?” omel gue dalam hati kalo udah bener-bener empet sama kelakuan emak.

Emak emang suka gitu sih. suka kalau liat anaknya menderita. Oh ya, Gue sering ngomel kalau gue pengen dibeliin mobil sama emak loh, tapi menurut gue sih itu permintaan bagaikan kerupuk yah, kena angin sedikit udah langsung MLEMPEM. Boro-boro ah si emak mau beliin gue mobil, beliin gue bensin alias ngasih gue duit buat beli bensin aja nggak mau! Dia bilang gini kalau setiap gue minta uang bensin ke emak. “Ngapain elu minta uang bensin ke gua? Bukannya elu udah emak kasih pesangon tiap harinya buat lu ngampus?”
Setelah emak bilang gitu sama gue, gue jawab gini, “Emak! Emak itu ngasih uang ke gua Cuma pas-pasan. Masa anak kuliahan yang pake kendaraan pribadi Cuma di kasih pesangon goceng doang? Itu sih Cuma cukup buat nasi kucing sebungkus mak…!! emak nggak gaul ah, masa anak tercantikmu ini mau disamain sama kucing sih?.”
“Preeettt lu ah. Goceng kalo di kampung emak dulu tuh dapet 10 bungkus nasi kucing, .. Udeh lah, lu jangan kebanyakan cing cong! Tinggal sekolah yang bener. Biar bisa cari duit sendiri. Dan yang terpenting, mulai dari sekarang, lu itu mulai idup prihatin!”

Lah itu kebiasaan emak! Sukanya ngebandingin masa lalu sama masa modern sekarang ini. mana ada nasi kucing 5 ribu di Ibukota dapet 10 bungkus? Huh. Resiko punya emak warga hasil urbanisasi sih. Aslinya orang ndeso, hidup dikotapun jiwa ndesonya selalu membekas. Ya termasuk Pelit, Medit, bin Priatin, itu sih ciri-ciri orang ndeso banget!!! Meskipun aslinya prinsip pelit, medit, bin priatin itu baik. Tapi kalau diterapinnya di jaman millennium dan diperkotaan begindang, apa kata dunia? mau mati sengsara?

“Mak, plis mak, besok gua di kasih uang bensin ya mak? plis mak yana mohon! Untuk yang pertama dan terakhir kalinya deh. Suer.” Pinta gue dengan wajah memelas.
“Ogahhh! Duit emak nanti nggak bisa buat bayar tagihan listrik kalo ngasih elu uang bensin.” Jawab emak sambil motongin tempe mendoan. Jiah si emak pasti mau bikin mendoan nih. Menu kesayangan gue. cihuyyyy.
“Minta uang bensin nya Cuma besok doang kok.”
“Enggak bisa titik. Kalo emak udah bilang “A” ya “A”! bukan ‘B’ bukan ‘C’! Kalo emak nggak bisa bayar listrik gara-gara elu minta uang bensin, ntar emak nggak bisa nonton tipi dongg. Mau bikin emak mati kaku sehari nggak nonton tv?”
“Ya ampreettt emak. Tega banget dah! Anak sendiri nggak dipikir, malahan mikirinnya TV mulu. Makan deh sono sinetron, mak! makan sono makan…” jawab gue sambil memalingkan wajah dari emak.
“Iya lah lebih mikirin sinetron di banding elu. Sinetron bisa bikin emak ketawa. Lah kalo elu? Bisanya Cuma bikin emak nangisss terus.”
Mulai deh gue tercengang dengan jawaban emak satu ini. Agak nusuk sih. maksudnya apaan yah ngebandingin gue ama sinetron? Kalau masalah belum bisa bikin emak ketawa bahagia emang gue belum bisa, tapi kalau yang bikin si emak nangis? Wah. Perlu gue selidikin nih.
“Maksud emak? Jadi selama ini? emak nangisin gue? duh mangap deh ya mak.. gue bener-bener nggak tau.” Gue langsung dah tuh nggelosor ke tanah, niatnya mau nyium kaki emak biar dosa gue ke emak bisa terhapuskan semuanya.
“nangis terharu nak. Bagi emak itu, lu selalu bikin hati emak teriris. Gimana enggak? Lu itu satu-satunya harta berharga yang masih emak punya sampe sekarang. Lu itu titipan Tuhan yang paling emak sayangi. Lu itu kenangan yang terindah dari almarhum babeh elu. Dan yang paling paling paling paling bikin emak nangis kejer tapi terharu itu gegara lu anak emak paling neerima-an, sederhana, enggak pernah neko-neko, jarang minta-minta hal-hal aneh kaya anak cewek jaman sekarang, kecuali satu permintaan terbesar elu yang bikin emak puyeng seribu keliling sampe sekarang. Oya, mangap ya nak kalo emak kaga bisa kasih elu uang bensin, emak bener-bener nggak punya duit nih sekarang, duitnya Cuma cukup buat makan, sama bayar listrik hehe.” Ucap emak dengan mata berkaca-kaca. Pengakuan emak ini sungguh bikin hati gue berbunga, terharu, bangga, dan prihatin.
“Yoooiii mak nyante aja kali ama gue, masalah uang bensin, gue sih terserah, gue masih bisa puasa. Dan gue nggak minta banyak sama emak kok. Gue Cuma pengen emak selalu ada buat gue. selalu ada di sisi gue. hehe.” Eh mak, yang emak maksud satu permintaan terbesar gue yang bikin emak puyeng itu apaan sih? perasaan, gue selama idup nggak pernah minta ngerengek sama emak deh.” Balas gue bingung.
“Ya, Yan. Emak juga pengen lu selalu ada disisi emak.” Itu loh permintaan lu yang katanya pengen dibeliin mobil sama emak! Huff, bikin emak musmet aja tauk.” Aku emak.
Suer gue pengen ngakak emak bilang begitu.
“Hahahahahahaha.. emak ada ada aje makk makk. Gue kan Cuma becandaan minta dibeliin mobil sama emak. Hehe. Tapi kalo emak mampu sih, gue juga mau mak dibeliin mobil. Mobil apa aja dah mak. minimal ya mobil tempur lapis baja anti peluru milik TNI AD deh mak.” rengek gue
“Au ah.. Lu mah lama-lama ngelunjak.” Jawab emak bangkit dari kursinya sambil nenteng baskom yang isinya tempe mendoan plus adonannya. Siap gorengggg ya mak!

Nyes banget dah ini. Motor jelek peninggalan engkong buyut gue mogok lagi. Gila deh ah, masa gue mau nuntun nih motor sampe ke rumah lagi? Puasa cuyyy…
Gue akuin dah. Ini semua emang gara-garanya emak. Emak nggak kasih uang bensin lagi sama gue!
“Yan, sendirian aja nih panas-panas gini?” tanya seseorang di balik punggung gue.
“Eh elo ya wik. Wah gue berduaan kok wik. Nih sama motor tua gue.”
“Setia ya tu motor sama lo? haha. pasti mogok lagi ya Yan?”
“Ya iya lah mogok. Kehabisan bensin nih Wik. Haha.” jawab gue sambil cekikikan menderita. Berusaha bahagia walaupun aslinya nangis batin.
“Kasiaaan idup lo yan yan. Tiap hari harus ngedorong nih motor yah? Haha minta ganti motor dong sama emak lo biar lo nya nggak kesiksa banget begini.”
Gue Cuma bergidik doang nanggepin pernyataan si Owi. ngomong doang sih elu gampang.
“Enggak sih wi. gue nggak mau minta motor baru sama emak. Gue mah mintanya mobil lapis bajanya TNI AD wi. biar nggak kesengat terik matahari.” Balas gue sambil berjalan nuntun Motor mogok gue, diikuti si Owi yang berjalan di samping kiri gue .
“Hahahaha. Sampe ayam mbrojolin curutpun lo kagak bakal mampu beli tuh mobil impian lo.” ledek Owi.
“Alah sialan lo wi. bukannya ngedukung malah ngeremihin gue gitu. awas deh lo, gue bakal ngebuktiin sama elo kalo gue juga bisa beli mobil TNI AD, kalo perlu sih sama pesawat tempurnya TNI AU, oh ya kalau bisa sih beli kapal selamnya TNI AL.”
“Tambah ngelantur aja dah lu cuy.” Kata Owi tambah keras cekikikannya.

Owi ini sahabat gue dari ucrit. Asyik sih anaknya. Baik. Sederhana. Enak di ajak curhat masalah hidup gue yang suram ini. pokoknya Owi itu sosok sahabat terperfect dalam hidup gue.
“Wi, kita mampir dulu yuk ke warteg sono. Gue laper banget.” ajak gue.
“Ayo.”
Gue sama Owi langsung aja melipir ke pinggir jalan. gue parkirin dulu di tempat teduh ini motor butut biar nggak kepanasan. Si Owi nunggu gue.
“Mba, nasi sama tempe satu piring yah.” Pesen gue seramah mungkin. Siapa tau kalo gue ramah, si embak embaknya mau kasih nih rames Cuma-Cuma binti gratis.
“Itu doang mbak? Minumnya apa?”
“Iya mbak. Minumnya aer putih aja.” Jawab gue lebih ramah dari yang tadi.

Sambil nungguin mbak wartegnya ngambilin gue makan, gue bincang-bincang dulu tuh sama si Owi.
“Wik, lo kaga makan?”
“Nggak. Nggak laper Yan.”
“Ya udah.”
“Yan? Lo nggak puasa?” tanya Owi. suer ni bocah tau aja kebiasaan gue.
“Nggak wik. Lagi males puasa. Hehe.”
“Ooohh..”
“Wik?” panggil gue.
“Apa?”
“Gue mau sharing nih sama lo. boleh kagak?” tanya gue.
“Jelas boleh lah. Emang mau sharing apa lo sama gue?”
“Gini wik, lo bisa bantuin gue kaga?”
“Bantuin apa?”
“Bantuin gue biar jadi artis wik. Hehe.” Aku Gue sejujur mungkin.
“Hahahhahaha. Elo pengen jadi artis? Wkwk. Nggak mungkin bisa Yan hahaha.” Balas Owi tertawa lebar.
“Iya wi. soalnya gue pengen bisa di liat sama emak gue di tipi jadi pemain sinetron wi. tau sendiri kan? Emak gue itu demen banget yang namanye sinetron ataupun ftv. Kayanya sih ya, kalo emak gue nonton gue di sinetron/ftv kesayangannya, dia bakalan ogah dah nonton sinetron. Dia kan enggak suka liat muka gue yang cantik ini di tebar di depan umum.” terang gue ke Owi. owinya hanya termangu-mangu ngedengerin ocehan gue.
“Hahaha tambah ngelantur dah lo. Ngapain sih pake acara bikin emak lo bosen sama sinetron? Enggak penting banget.” tanggap owi
“Bagi lo emang nggak penting wi. tapi bagi gue? Ini antara HIDUP dan MATI wik. Kalau emak gue kecanduan terus sama si sinetron gaje di tipi, secara otomatis, tagihan listrik emak jadi tambah banyak! Uangnya jadi makin kisut. Nah, gue mau makan apa kalo duitnya di hambur-hamburin buat sinetron doang? Dan parahnya, kalo uangnya Cuma di kasih ke petugas PLN terus-terusan, badan gue bisa kurus kering gegara tiap hari harus ngedorong tuh motor dan makannya sama tempe terus hahaduh..”
“Hahaha parah amat dah idup lo. oke deh sebagai temen yg berbudi pekerti luhur, gue mau bantuin lo. tenang aja, gue punya kenalan produser kok.” Tawar Owi. wah, gue mendadak nggak jadi laper nih. Hore akhirnya gue mau jadi artis!! Ini semua gue lakuin demi hidup gue yang tergantung banget sama tagihan listrik. Padahal sebenernya, gue sama sekali nggak ada niatan buat jadi artis sebelum kepaksa sama keadaan kek gini.
“Wah thanks banget ya wik. Yuk ah kita pergi aja dari sini. Udah kenyang nih.” Gue langsung narik tangan Owi dengan gesit biar embak-embak wartegnya kagak tau. Motor gue di parkiran ajaibnya bisa nyala lagi. Jadi gue sama owi pulangnya nggak jalan kaki, tapi boncengan naik motor tua.
“Eeeehhh neng, mau kemana? Kieeee nasi tempenya udah jadi… ehhhh” teriak embak-embak warteg dengan cempreng dan medoknya jelas terdengar di kuping gue.
“Hahaha si yu neks taim mbakk… Babayyy…” jawab gue nggak kalah teriak-teriak, sambil dadah-dadah ke embak warteg dari atas motor.

AUTHOR POV
“Ini sih namanya nyiksa gue banget si Yana. dan bodohnya, gue mau aja ngebantuin hal nggak lazim kek gitu, pake ngomong punya kenalan produser lagi. Wah semprul dasar. Mumet mumet mumet.” Kata Owi sembari menyeruput secangkir kopi pahit. Tidak lupa pula menghisap rok*k 76nya yang tinggal separo itu.
“Emang nggak pernah bener kalo temenan sama yang namanya Yana. keinginannya udah kaya orang ngidam aja. Mending kalo gue suaminya…” Lanjut Owi tiba-tiba ngelantur.
“Tunggu tunggu… gue telpon aja temen lama gue. Dia kan kerjanya di stasiun TV gitu. siapa tau dia punya kenalan sutradara atau produser.”
Owi lalu mengambil handphonenya di meja. Kemudian menelepon temannya.
“Halo?”
“Iya halo. Gue owi.”
“Oh owi, ada apa?”
“Gini Ndra, lo bisa bantu gue kagak?”
“Bantu ngapain?”
“Lo punya kenalan produser nggak bro? kalau punya, kenalin dong sama gue. gue lagi ada perlu nih sama produser-produser.”
“Perlu apaan emang? Lo pengen jadi artis?”
“Yg bener sih temen gue pengen jadi artis, bukan gue. gimana? Punya kenalan produser nggak?”
“Punya wik. Lo bisa ketemu gue besok di kantor kerja gue. jangan lupa bawa juga temen lo yang pengen jadi artis. Biar sekalian dikenalin ke pak produser.”
“Oke ndra gue usahain. Makasih ya,”
“Sip.”
Sambungan Telepon Owi dan temannya terputus. Mendengar kabar tadi bahwa teman yang bernama Hendra punya kenalan seorang produser, Owi jadi agak mendingan dikit. Mumet dikepalanya udah lumayan entengan.
AUTHOR POV END

“Yaaanaaaa…” Panggil seseorang yang suaranya udah gue kenal banget dari kecil. pasti si owi. ngapain sih dia pagi-pagi budek gini udah ke rumah gue?
“Yanaaa!!! Itu ada si Owik di luar.. pergi gih sono…” seru emak ikutan nimbrung aja. Gue udah denger tau, mak! nggak usah pake teriak juga bisa kali.
“Iya mak…” gue segera lari ke luar rumah buat nemuin si Owik.
Sesampainya di luar rumah.
“Ngapa wi lo pagi-pagi udah kerumah gue? kangen banget yah?” tanya gue ke Owi.
“Dih. Nggak lah yaww. Gue kesini tuh mau ajakin lo ke suatu tempat.” Jawab owi.
“Wah. Kemana emangnya? Oke, gue mau.”
“Ehh tapi lo wajib mandi dulu biar agak kinclongan dikit. gue tunggu lo disini. Awas aja kalo lo balik masih kucel kummel begitu. Iyuh.” Kata Owi bikin perut gue mules aja.
“Iya deh iya. Tapi lo jangan pergi. Tetep aja disini!”
“Iya kok gue bakal tetep disini. Udah gih sono cepetan mandinya. Nggak pake Lama.” Usir Owi.

AUTHOR POV
Menunggu Yana sedang mandi. Si owi duduk di teras rumah Yana sambil menghirup udara segar. Tapi karena Owi mendengar sebuah kebisingan dari dalam rumah, ia langsung saja mencari sumber kebisingan itu. sudah kebiasaan Owi sejak kecil keluar masuk rumah Yana. Owi menganggap rumah Yana ini rumah keduanya.
“Wihhh.. gue kira suara apa brisik banget, ternyata emaknya Yana lagi nonton tipi. Gue samperin ahh..” gumam Owi. owi juga udah akrab banget sama emaknya Yana.
“Mak serius amat nontonnya?” tanya Owi mengagetkan emak.
“Waduh. Ada lu to Wik. Iya nih emak lagi serius banget nontonnya, soalnya nih ftv ngena banget di hati emak yang terdalam. “
“Hahaha ciye bahasa emak. Mak, emak suka nonton ftv beginian ya?” tanya Owi.
“Iya dong wik. Sinetron juga emak suka kok.”
“ckck, kalo anaknya emak jadi artis plus main sinetron/ftv kek gitu, emak mau nggak?”
“Haduh. Maksud lu anak emak si Yana jadi artis?”
“Iya lah, siapa lagi.”
“Lah kalo Yana jadi artis, gue mah ogah nonton tipi lagi. Malu dah wajah anak gua di ekspos di depan umum gitu. udah kayak WC umum aja.” jawab Emak.
“Enggak mau mak anak nya jadi artis? Berarti nggak bakal nonton sineteron sama Ftv lagi?”
“Iye lah. Bahkan gua bilang tadi, gua gak bakal nyalain tipi lagi kalo Yana jadi artis. Tipi gua bakal gua cabut. Kenape sih lu tanya kek gitu wik? Kepo banget.” balas Emaknya Yana.
“Wah gitu ya mak? nggak papa sih. haha, calon wartawan boleh dong ngewawancarain model taun 70-an kek emak. haha.”
“ahaha. Bisa aja lu wik.”
“Ya dong bisa. Apa sih yang enggak bisa buat emak? Hahaha.”
YANA POV

Gini deh kalau Emak sama Owik udah nyatu, najis gilak. Bikin gue ilfeel ngeliatnya. Ngebanyol mulu dah, garing lagi. Si owi juga ngapain demen banget ngegoda emak gue.
“Ya udah mak. Owi pamit duluan. Sekalian anak emak Owi bawa. Kasian kan kalo udah cantik-cantik begondang kekurung di rumah kaya kambing lagi di pingit. “ pamit si Owi ke emak dengan gaya iyuh banget.
“Yoi dah sono lu bawa anak emak. Biar nggak bikin ribut di rumah terus. “
“Oke mak.”
“Ati-ati yah. Bawa motornya jangan ngebut.”

“Mau kemana wik kita?” tanya gue di sela-sela perjalanan.
“Gue mau ngabulin permintaan lo nih Yan.”
“Hem iya-in aja dah.”
Owi mengerem motornya. Sampai juga di tempat tujuan.
Lah ini sih kantor stasiun TV STV. Gue mah tau. Ngapain Owi bawa gue kemari? Huft. Nggak penting amat.
“Yuk ikut gue ke dalem.” Tarik Owi nggak ada lembut-lembutnya. Gue Cuma ngikutin owi jalan aja deh.
“Ndra, gue udah di kantor lo. cepet gue tunggu di lobi.” Suara Owi terdengar ketika ia sedang menelpon seseorang.
Setelah selesai menelefon temannya, gue langsung tanya,
“Siapa sih wik?”
“Udah. Tunggu aja.”

5 menit kemudian, datang seorang lelaki berkulit putih dengan pakaian jas rapih mendekati gue dan Owi.
“Wik.” Panggilnya. “sorry yah lama.”
“Wah hendra udah keren aja nih. Iya nggak papa.” Jawab Owi.

Buset, ini orang apa bukan? Ganteng, putih, tinggi, mancung, seksi lagi. Oh my god, sempurna banget.
“Makasih makasih.” Jawabnya dengan suara yang aduhai seksinya. Kalem banget mukanya. Tapi kharismanya luar biasa,
“Ini ya Wik, temen lo yang pengen jadi artis?” tanyanya sambil nunjuk muka gue.
“Iya ini. Haha. kenapa?”
Oh jadi ini maksudnya Owi ngajak gue kesini. Jadi dia bener-bener mau bantuin gue? haha sip deh. Gue seneng banget. semakin ada peluang buat ngabulin rencana gue.
“Lah muka abstrak-nggak berbentuk kek gini pengen jadi artis? Gue rasa sih kaga ada produser yang mau nerima ni curut jadi artis. Biarpun di bayar Satu EM”
Dih ni orang ganteng-ganteng mau gue timpuk kali yah? Sembarangan aja ngatain anak orang abstrak. Orang jelas-jelas cantik begindang di bilang kek gitu. ah gue kaga terima nih. Martabat coy martabat!!! Harga diri.
“Idih. Situ laganya bikin gue enek tau. Kaga beda jauh kek metromini. Ganteng kaga. Belagu banget.” semprot gue yang udah bener-bener emosi. Suer tuh semprotan nggak lucu banget, nggak sesuai hati nurani, padahal gue tadi bilangnya dia ganteng.
“Situ juga nggak cantik ye. Hu.” Ngapain si lu wi bawa ni makhluk ke kantor gue. hzzzz… mana ada dah produser yang mau nerima orang macam gini.”
“Yeee nyebelin banget sih lo. sok IYA aja lo.” bentak gue dengan nada tingggi
“udah deh ributnya. Yuk ah kita pulang aja Yan. Eh ndra sorry ya tingkah temen gue, maaf banget.” Nah ini wi Owi ngapain ngajak gue pulang? Duh, nggak jadi dong kenalan sama produsernya? Hm, tapi Kebeneran juga Owi ngajak gue pulang. Ogah kalo kelamaan sama orang belagu kaya Hendra apa sapa tuh ah.
“Iya udah sono… Ati-ati wik. Jangan lupa beli gembok ntar di jalan buat nggembok mulut temen lo itu,” cerocos si Hendra tengil yang bikin kuping gue panas.

Gue jadi kesel sama Owi. ngapain sih dia kemarin pake bawa-bawa gue ke temennya yang katanya mau ngenalin gue sama produser. Tau gitu, gue kemarin ngelanjutin ngebo biar badan gue agak gemukan.
Eh. Dipikir-pikir kok omongan temennya Owi nylekit banget di hati. Nusuk banget. masa dia nyumpahin kalo nggak mungkkin ada produser yang mau nerima gue jadi artis karena wajah gue enggak cantik juga nggak jelek alias abstrak. Beuh. Empet banget.

Oke, Sekarang gue bakal buktiin ke dia kalo gue bisa jadi artis tanpa bantuan temen Owi. gue bakal berjuang sendiri. Gue bakal ikutan casting. Tenang aja. Gue pasti bisa kok. Modal muka pas-pasan enggak jadi masalah, yang penting itu semangat! Iya! Semangat Yana…

AUTHOR POV
“Lo masih kekeuh pengen jadi artis?” tanya Owi.
“Ya dong. Sekarang misi gue jadi artis bukan Cuma pengen bikin emak bosen nonton tv lagi, tapi juga pengen ngebuktiin ke temen lo yang namanya Hendra kalo gue juga bisa jadi artis.” Jawab Yana dengan nada menggebu-gebu. Penuh semangat patriotisme.
“Hahahahaha. Ternyata omongan Hendra lo masukin juga ke hati yah. Keren deh lo. salut gue. wkwk. Tapi gue nggak punya kenalan produser Yan. Gimana dong?”
“Ah nggak perlu punya kenalan-kenalan produser gitu. gue mau langsung ikutan casting aja. Gue mampu kok acting haha. anak teater ini loh bro…” pamer Yana.
“Oh iya yah. Gue lupa. Oke deh gue dukung lo. dukung lahir batin deh.”
“Sip dah. Makasih yah wik. Lo emang sahabat terbaik gue. hehe. Sahabat yang baik adalah sahabat yang mau nebengin sahabatnya kemanapun ia melangkah.”
“Yeeee.. bilang aja lo pengen gue anterin lo pas casting-castingan gitu. “ jawab Owi.
“Haha nggak boleh yah?”
“Wussstt boleh dong. Lo kan sahabat tersayang gue sampe mampus.”
“Hahaha iya iya deh.”

Yana yang didampingi Owi kemanapun pergi tak pernah merasa berputus asa ikut casting sana sini meskipun ujung-ujungnya di tolak. Dan kali ini, mereka sudah menginjakan kaki di casting ke 10nya Yana. demi membuat sang emak bosen nonton sinetron/ftv dan membuktikan kepada omongan Hendra, Yana amat gigih memperjuangkan keinginan untuk menjadi seorang artis, meskipun artis bukanlah pekerjaan yang diimpikan Yana.
“Gimana Yan? Lo gagal lagi?” tanya Owi yang sedari tadi menunggu Yana diluar ruang casting. Owi dengan wajah putus asanya seperti sudah kebal dengan jawaban “GAGAL” / “DI TOLAK”
“Gagal lagi wik.”
“Hufffttt…” owi menghela nafas panjang tanda lelah.
“Gagal ikut casting selanjutnya wik. Hahaaa. Gue bakal jadi artis. Gue lolos casting dan sebentar lagi ikutan main di FTV. Hahahahaha asikkkkk horeeeee…” Yana berjingkrak-jingkrak sampai kelepasan memeluk tubuh Owi.
“Wahahaha akhirnyaaaaa selamat yah yan.”
Yana melepaskan pelukan Owi.
“Iya wik gue malah jadi pemeran utama haha.”
“Wah gilak lo Yan. Emang judul FTVnya apaan Yan?”
“Judulnya Babuku Emang Jelek, wik.” Jawab Liliyana dengan wajah berseri-seri.
“Hahaha, berarti lo disini jadi majikan si babu nya kan bukan jadi Babu?”
Liliyana garuk-garuk kepala sambil meringis kuda.
“Jadi Babu wik. Hehehe.”
“Wakakakakakak. COCOK!” ledek Owi.
“Yeh owi kok gitu :’( ”
“Biarin wek. Emang lo cocok dapet peran babu kok. Haha.”

YANA POV
Hari pertama gue main ftv nih. Emak… gue mau jadi artis, dapet peran babu lagi. Rasain lu mak bakal mual liat anak lu nongol di tipi jadi pembantu. Ehehe. Nah kalo emak mual gitu, kan nggak jadi nonton tipi, secara otomatis tagihan listrik rumah jadi kagak terlalu gede-gede amat. Jadi gue nggak kemere-kemere amat.

Mandi cantik sudah, tinggal cus nih ke tempat syuting. Ciye dah anaknye emak bakalan syuting haha. tapi sebelum itu, gue mau nungguin Owi dulu nih. Sahabat terbaik gue yang udah mati-matian ikut berjuang sama gue buat jadiin gue artis.

Eh itu Owi!
“Ciye udah seger amat sih pagi-pagi begini, neng..” goda Owi. eh? Gue di bilang cantik? Syukur lah.
“Ya dong. Kan mau syuting.”
“Haha cie gaya lo syuting. Yuk ah nggak pake Lama. Kita cabut sekarang.” Desak Owi. langsung aja tuh gue nangkring di jok belakangnya Owi. terus si Owi udah siap aja tancap gas.
Yeahh!! Emak, I am shootinggg…
Sampai di lokasi Syuting, gue mandang takjub. Ternyata ribet banget.
“sukses ya Yan!” Owi member semangat.
“Siap bos.” Jawab gue lantang. Gue langsung berjalan k esuatu tempat dengan penuh aksi akrobatik (?). loncat sana loncat sini. Dan yakkk…
“BRUGGGG” aduh sial banget nih gue nabrak orang. Dasar nggak punya mata kali ya nih orang. Ckck. Orang segede gini main di tabrak aja,

Gue bangkit dari keterpurukan. Tangan gue yang kotor karena jatuh ke tanah gue usap sebersih mungkin. Idih masa cewek cantik ada debunya. Iyek engga banget deh..

“Mba kalo jalan yang bener dong. Atraktif banget sih. Autis.” Omel seseorang di depan gue. maksudnya apa coba marahin gue?
“Lo kali mas yang nggak punya mata.” Jawab gue keras.
“Oh lo lagi ternyata! Pantesannn gaje banget. autis.”
“Dih, sape elu? Sok kenal amat? Gini nih emang resiko orang cantik. Belum jadi artis aja udah banyak yang sok kenal ke gue.” balas gue ketus
“Amit-amit dahhhh.. lo kegeeran banget sih? kegeerannya nggak ngaca lagi. Ckck.” Kata orang itu ngremehin gue,

Setelah gue amati baik-baik ternyata itu orang lagi!
“Eh lo temennya owi ya? huh dasar lo. ngapain sih ngikutin gue mulu kesini? Mau minta tanda tangan?”
“ih lo jadi cewek songong banget sih. sapa juga yang ngikutin lo..”
Hemmm hem hemmm. Sekarang gue tau ini cowok! Temennya Owi kan yang waktu itu ngejek gue? iya. Si Hendra songong. Kira-kira ngapain sih dia disini.
“Terus ngapain lo disini?” tanya gue penasaran.
“Terserah gue mau ngapain disini. Nggak ada urusannya kan sama lo?”
“Dih di tanya malah gitu. ya udah deh. Emang lo songong banget.” balas gue
“Lah lo ngapain disini?” tanya Hendra balik.
“Terserah gue mau ngapain disini. Apa urusannya sama lo?” gue langsung ngiprit ninggalin si Hendra. Lama-lama pengen gue makan tu anak. Ngeselin banget.

Hari sudah menjelang malam, Owi belum juga datang ke lokasi syuting buat ngejemput gue. Padahal gue udah nggak betah disini gegara ada si cunguk Hendra yang ternyata ikutan main FTV “Babuku Emang Jelek”, dan apesnya, Hendra dapet peran jadi Majikan gue. oh my god… Sial banget.

Oke, mending gue telfon Owi dulu. “Tuttt tutttttttt”
“Halo?” sahut Owi.
“Halo wik. Lo dimana? Udah malem nih. Gue syutingnya selese. Lo bisa jemput gue kaga? Missal nggak bisa, gue naik angkot.”
“Maaf banget Yan. Gue masih di kampus, lagi bimbingan skripsi sama Pak Alan. Maaf banget Yan gue nggak bisa jemput lo.” jawab Owi.
“Iya udah nggak papa wik.”

Ya itu sekilas percakapan gue sama Owi. dan akhirnya gue pilih pulang sendiri. NAIK ANGKOT.

AUTHOR POV
Yana berdiri di tepi jalan, sesekali ia menengok kanan dan kiri, berusaha mencari angkot yang mau ia tumpangi sampai ke rumah. Dalam pencarian dan penantian sebuah angkot, tiba-tiba Honda Jazz merah berhenti di depannya.
“Lagi ngapain lo disini sendirian?” tanya seseorang dari balik kaca mobil, mengagetkan Yana.
“Cari angkot.” Jawab Yana singkat
“Hahaaha Artis naik angkot?” ledek orang yang ternyata adalah Hendra.
“Diem! Sono ah lo pergi. Bikin mata sepet aja.”
“Jutek banget sih?” kata Hendra dengan nada menggoda.
“Bawel banget.” jawab Yana ketus. Wajahnya kusut kaya sarung di cuci setahun sekali, dicucinya pas mau lebaran doang.
“Hey daripada lo sendirian nunggu angkot yang gak jelas kapan datengnya, mendingan lo ikut gue aja. Yuk.” Tawar Hendra.
“What? Lo nawarin gue? ogah deh… najis kunyis kunyis pulang sama lo.” tolak Yana mentah mentah.
“Beneran nih? Ya udah.” Hendra mengunci mulutnya. Ia hanya diam saja di dalam mobil sembari mengetuk-ketukan kukunya di setir. Mobilnya juga masih berhenti di depan tubuh Yana.

Setelah beberapa menit diem-dieman, Yana justru membalikkkan niatnya.
“Ya udah gue terpaksa nebeng lo.” kata Yana lesu.
“Nah gitu dong dari tadi. Tinggal bilang YA aja lamanya amit-amit.”
“Hehehe.”

Yanapun memasuki mobil Hendra. Mereka meninggalkan lokasi tadi dan berlalu menuju rumah Yana.

YANA POV
Ternyata dugaan gue tentang sifat Hendra yang nyebelin itu salah besar. Hendra aslinya baik, baik banget malah. Gue jadi kesengsem sama dia.
Enggak tau kenapa juga akhir-akhir ini gue sering mimpiin Hendra. Hendra juga akhir-akhir ini sering ngajak gue jalan-jalan. sering main ke rumah gue. kadang sendirian, kadang bareng Owi juga. Gue jadi punya rasa yang sama ke Hendra dan Owi, gue sama-sama sayang ke mereka. Tapi walaupun sama-sama sayang, rasanya ada yang beda aja antara sayang gue ke hendra dan sayang gue ke Owi. apa mungkin sayang gue ke Hendra itu sayang cinta? Dan sayang gue ke Owi Cuma sekedar sahabat? Hm. Maybe.

“Yanaaaa yanaaa, lu nongol di tipi nih… yana.. sini nonton!!” teriak emak yang bisa bikin kuping jadi hancur berkeping-keping.
“Ape mak teriak-teriak? Ada setan yah?”
“Bukannnnnnn.. ini lu nih nongol di tipi jadi babunya si Hendra temennya Owi. hahahaha lu jelek banget mukanya Yan. Tapi emak salut ama lu Yan. Haha..” emak ketawa lebar banget. ternyata si emak malah kesenengan liat gue tongol di tipi.
“Mak, katanya lu mau kaga nonton tv dan nyabut tv selamanya kalo gue nongol di tipi? Mana janjinya?” tagih gue melebihi rentenir.
“Lah ogah yeee. Emak kan kaga janji wee. huh lu gimana sih? bukannya seneng aksi lu di tonton sama emak tercinta.” Oceh emak.

Walah gimana sih. ini mah namanya pengorbanan gue sia-sia. Aslinya mau bikin emak bosen nonton tv biar tagihan listrik agak mengkerut dikit, ini malah kebalikannya. Si emak malah demen ples girang banget gue ada di tipi. Ckck. Tapi ya udah lah. Lagian honor syuting gue juga lumayan gede. Bisa bayar tagihan listrik berbulan-bulan dan tentunya bisa kasih motor King gue gizi alias bensin yang memadai.
“TOK TOK TOK” siapa sih malem-malem gini ngetuk pintu? Ganggu aja!
“Yan, bukain tu pintunya. Emak lagi asyik liat acting kece lu.” Jawab emak sok gaul abis
“Hm ya deh.”

Dengan langkah malas, gue jalan keruang tamu dan ngebukain pintu. Rada takut sebenarnya malam-malam gini ada tamu. Takutnya ni tamu bukan manusia.
‘CEKLEK’
“Hendra? eh ngapain malem-malem kesini?” tanya gue di buat sok lembut. Biar imutan dikit.
“Enaknya ngapain?”
“Loh kok tanya balik?” jawab gue bingung. Songong ah Hendra. “Ya udah yuk masuk ke rumah dulu. disini dingin.” Ajak gue bener-bener sok kecantikan banget. biasanya aja tidur di emperan, ini malah sok bilang kedinginan.
“Nggak usah Yan. Gue kesini Cuma mau kasih sesuatu buat lo.”

Ngedenger itu, gue udah deg-degan banget. apalagi habis itu dia bilang begini sama gue “Tapi lo merem dulu.” Oh tuhan gue. itu si Hendra mau ngapain gue coba? Huah,
“Kasih apaan si ndra?” tanya gue penasaran tingkat akut.
“Udah lo merem aja.”

Ya ampun, ngapain sih sebenernya ini? kenapa gue di suruh merem-merem terus sama Hendra? Terpaksa deh gue merem. Tapi ngintip dikit boleh kali ya?
“Ndra meremnya udahan belum?” tanya gue.
“Udah Yan. Buka aja mata lo.” perintah Hendra. Gue akhirnya buka mata, dan…

TARAAAAAAAAAAAA…

Sumpah ini gila kali yah? Ngapain si Hendra bawa mobil Tempur lapis baja anti pelurunya tentara Angkatan Darat Indonesia?
“Lo suka nggak?” tanya Hendra
“Hahaha lo ada ada aja pake bawa mobil impian gue ke rumah. Nyolong dimana?”
“Di hati lo. ehhh nggak ding. Dimana aja deh. Yang penting lo seneng bisa punya mobil impian lo haha.” jawab Hendra sambil ketawa. Gue takjub.
“Lo pasti tau dari Owik kalo gue pengen punya mobil tempur lapis baja milik TNI-AD? Haha.”
“Gue tau dari emak lo sama Owi. hehe. Btw emak lo mana nih?” tanya Hendra
“Di dalem. Pengen ketemu? entar yah. “ gue langsung panggil emak dari luar, biar nggak ngelewatin waktu bersama gue sama Hendra. “EMAKKKKKKKKKKKKK… SINI MAK DICARI HENDRAAAAAA” teriak gue sekenceng tenaga.

Emak pun keluar dari persemayamannya.

“Eh lu ada Hendra kok main teriak-teriak aja, enggak malu?” ledek Emak dengan nada meledek
“Ye ngapa malu-malu. Hehe. Hendra inih.” Jawab gue enteng
“Ya dah.” Gue lihat emak melirik ke jalan depan rumah dan langsung kaget setengah mampus. “Buseett, Yan.. itu lu beneran beli mobil kek gituan? Astaghfir.. padahal emak udah mau beliin kamu tadi pagi.”
“Bukan gue mak yang beli. Tapi ini ulahnya si Hendra. songong banget kan bawain ginian ke rumah kita? “ balas gue.

Tiba-tiba Owi ikut nimbrung perbincangan super hangat kita-kita, dia ternyata yang dari tadi berada di dalam mobil tempur itu.
“Iye mak. yang beli tuh Hendra mak. Oh ya mak, Owi mau ngejelasin kedatangan Owi sama Hendra kemari. Ehem. Jadi gini mak, kita kemari itu mau ngelamar Yana mak. dan mobil tempur lapis bajanya jadi mas kawin.” Kata Owi yang sontak bikin gue sama emak kejang-kejang.
“Hah? Lu sama Hendra mau ngelamar Yana?” tanya emak super kaget dan mau pingsan karena mendengar gue mau di lamar dua orang lelaki sekaligus.
“Aduuuhhh duh mak jangan pingsan dulu.. dengerin penjelasan Owi dulu..” Owi mengangkat suaranya lagi, dan emak yang tadinya udah mau pingsan, tiba-tiba bergairah lagi buat ngedengerin ocehan Owi.
“Yang mau nglamar Yana itu Cuma Hendra mak. gue si nemenin doang. Ogah amat dah kalo gue juga ngelamar Yana buat jadi calon istri gue… dihh..” terang Owi dengan diiringi tawa.
“Oh Hendra toh. Ya ya ya. emak terima.” Kata emak
“Lah kok emak yang main terima aja? Yang di lamar kan Yana mak. huh.” kata gue ketus.
“Terus lu maunya gimana? Lu nolak lamaran Hendra?” tanya Emak dan Owi kompak. Haha, apa jangan-jangan mereka jodoh yah? Wkwk, ngaco.
“Ya enggak lah. Gue kan cintrong ama Hendra. masa mau nolak. Iya kan ndra?” sontak gue langsung nubruk tubuh Hendra. saat itu juga tangan gue sama Hendra bersatu dan muter-muter kayak di tipi-tipi. Oh indahnya hari ini, kebahagiaan seolah-olah seperti mercon yang sembarangan meledak di hati gue. huaaahh..

Meskipun gue nggak bisa bikin emak bosen sama Sinetron/FTV yang bikin dompet bonjrot dan mempermiskin hidup gue, tapi yang penting “EMAK, GUE UDAH JADI ARTIS!!! GUE JUGA MAU NIKAH SAMA ARTIS” horrrreeee!!

—THE END—

..... ( lanjutkan membaca setelah login gratis di sini )


Auto Promo BLOGGER Auto Promo INSTAGRAM Auto Promo TWITTER Auto Promo FACEBOOK Auto Promo LINKEDIN
JUDULKARYA
(Serigala Putih) Daun Dari AnginRenaisan Salman
1 Cinta di Antara 3 PilihanOctavia Anizar
2,5 Persen SajaDidin Syamsudin
3 Tahun, 3 Cerita, Kau Tetap Perempuan Istimewa VersikuAkri Midwife Stalker
5 TahunChristian Boham
Abdiku Untukmu Keluarga KecilkuRizky Dwi Utami
Abdiku Untukmu, IbuDestia Eka Putri
AbsurdityNadila Aprilianda
Acara Festival Yang Tak TerlupakanRahman Ditisiyah
ActFor (Anti Conspiration Force)Mamat Fiction
Ada Apa Dengan Sikap AyahHerlina
Ada Teman di Balik PelangiSenja Nilasari
Akibat Jajan SembaranganAdinta Asfiratun Husna
Akibat ParzinahanNeni Indriani
Aksara Tak BisuOan Wutun
Aku Adalah AkuGraciella Eunike Satriyo
Aku Bisa Sendiri!Namira Assyifa Prasetio
Aku Bukan Gadis Menjijikan!Zee Choco
Aku Bukanlah SegalanyaNita Durotul Husna
Aku dan OrganisasikuErvina
Aku Dia Tak SamaRully Prameisti Audhina
Aku Harus BerusahaNenda Wulandari
Aku Ibu dan PianoAntonia Luisa
Aku Juga WanitaKang Zaen
Aku Sebutir PasirSelmi Fiqhi
Aku Tidak Berasal dari Buah yang Bagus, Tapi Pasti Akan Menjadi Buah yang BergunaKinanti Tiara Dewi
Aku Tidak Punya TemanRossa Kurnia Sasongko
Aku, Pilihanku, Serta Pejuang Berbaju Coklat KecilkuJoko Susilo
AlhamdulillahAtikah
Allah SWT Memang Maha AdilNurannisa Widiawati
Angklung and The TwinsSalsabila Putri Rulia
Antara Aku, Tukang Cukur dan TuhanWahyu Tio
Artca Penyelamat BudayaResty Gessya Arianty
Arti SahabatPurnawan
Arti Sebuah KehidupanTyaz Hastishita
AyahRiza Fahriza
Ayah kami bukan kriminalRifky Adni
Ayah, Aku Bangga Padamu! Catatan Putra Seorang KoruptorMisteradli
Bagaikan Pelangi Setelah HujanNuril Agri Famela
Bahagia Hidup PesantrenPraditiyo Ikhram
Balai HujanAl iz Kusuma
BangkitAlfred Pandie
BapakBanyu Ozora
Bawalah Terbang Ikan IniAris Rizka Fauzi
Belajar Untuk Lebih BersyukurPatra
Beliau Itu IbukuPutri Setiowati
Bella si Mak ComblangNita Setiawan
Benarkah Kak?Siti Muyasaroh
Berantem Sama Teman Waktu SDShandi Dwipermana
Berbagai Rintangan Menuju SekolahAldi Rahman Untoro
Berbahagialah!Fitri Oktavia Annaja
Berbuat Sesuatu Untuk MimpiSiti Nurjanah Septiani
BerjuanglahIevfa
Berkat Gunung MerapiAliyah Revitaningrum
Berkat Lori Aku Bisa Sekolah LagiAyu Soesman
Berkat TaugeDesi Melati
Bermain MonopoliDeviance Ramadhana Saragih Sitio
Bersahabat Bermodal Kebijakan dan Takdir TuhanVeren Chandra
Bersamamu Ku Gantungkan MimpikuAde Zetri Rahman
Best of The Best My Best FriendMuhammad Nuh Nurkholid
BianglalaYeni Ayu Wulandari
Bidadari Kecil, SaghirahMuallim
Bintang BenderangNi Made Eva Yuliantari
Bintang LapanganAmbarnia
Bolehkah Aku Membenci Ayah?Abdul Rahman Sinaga
Buah KesabaranIbnu Rafif
Bukan Punguk Yang Merindukan RembulanAya Emsa
Bukti KecantikanFariska Hurun In
C3 (Cinta Chandra dan Citra)Yuliatul Mawaddah
Cahaya Untuk IchaAulia Farhah FA
Cangkir Tindih Merah PutihDian Faiqotul Hikmah
CantikDina Istiqomah
Cause of My Parent’s LieJoe Fatrah
CCCCC (Cinta Cenat Cenut Cemungudth Celamanya)Listya Adinugroho
Cerita Kakek HanifEdi Warsidi
Cewek itu LianiRizka Aprilliani
CintaImelda Oktavera
Cinta MonyetTala Nour
Cinta Nggak BisuUpik Junianti
Cinta RayaKarina Dwi Latri Juliani
Cinta Tapi BedaAthe Celiona
Cinta, Cita dan KitaFariska Hurun In
Cintaku Kini Telah PergiRandi Pratama
Cintaku Setahun JagungRamlis Harman Susanto
Cita-Cita AshleyAnastacia Esterliana
Cita-Cita Sang BonekaFinsa Permatasari
Cukuplah Allah Bagiku maka Cukuplah AkuNira Nurani Teresna Dewi
Dad Is My HeroEster Chaterine Sara
Daddy O DaddyPebri Pele
Dance it’s my LifeKarina Dwi Latri Juliani
DeadlineCynthia Lantriana
Demi BoybandMuhammad Sulaiman
Demi Hari yang Menanti di Ujung HarapanAhmad Hafizin
Demi IbuFadillah Amalia
Demi Idola TercintaAnis Puspita Sari
Demi MasaRirin Nurpi Herwanti
Deret Tinta Untuk NegeriIlma Ainunisa
Desainer MudaFadillah Amalia
Detektif KacaMuhammad Septian Rachmandika
Di Balik Sebuah PayungHesty Juwita Sari
Di Hatiku Ada NamamuAnitrie Madyasari
Di Seberang Padang Rumput IlalangLoli Asmara dewi
Dia Adalah SorbonneRail Rahardian
Dia Bisa, Mengapa Aku Tidak?Hana Sausan
Dia IbukuNeneng Lestari
Dia SemangatkuDina Aulia
Dia.. BintangkuDebi Zahirah Hariwijaya
Diantara Mahasiswa dan DosenNita Setiawan
Diary Ana 1Aghna Asbar
Diary Sahabatku DindaGaluh Ayu
Diary Untuk LangitErika Andini
Dibalik Duka ku ada Duka yang lainZakia She Azhura
Dibalik Senyum TulusmuSofia Octaviana
Dik AnahMuhammad Sofyan Arif
Dirindu DinginnyaAna Marieza Widiawati
Disiplin Itu Penting Untuk KehidupanNovita Indriyani
Ditooo… Apa Lagi (Part 1)Axas
Ditooo… Apa Lagi (Part 2)Axas
Ditooo… Apa Lagi (Part 3)Axas
Don’t Judge The Book by The CoverRahmi (Adhe Amii)
Dua Doa Satu CintaNina Noichil
Dunia Baru dalam Kertas LipatEka Ferdianti
Emak, Gue Jadi Artis!Aisyah Hudabiyah
EvanityFirman Nuryadi
FakirBergman Siahaan
Festival Musik dan idolaFadel Mochammad Ibrahim
Filosofi HatiRuri Alifia R
Gadis Berjilbab PilihanChoirul Imroatin
Gadis di Kaki Bukit ProloYeni Ayu Wulandari
Gadis TompelDwi Putri Fw
Gang SetanHotma Lam Uli Marbun
Ganti Kacamata, Gessss!Icetea
Gengsi itu Sama Dengan MiskinImam Prayugo
Get SpiritEcha Nurrizqi
Gifts For GladysNamira Assyifa Prasetio
Gila RamalanOcta Rina
Gitar Tua JokoSeptian Joko Sulistyo
GubukRika Alif Firda
Gulali ChacaTifa Raisandra
Guruku dan BungakuRahmi (Adhe Amii)
HadiahMuggi S Prasetyo
Hadiah dari KakekDwiyanto S
Hadiah Kecil untuk ShyrenaPuspita Sandra Dewi
Hal Yang Membuat Kita BerbedaArif Nurhidayat
HampaAfra Zahirah
Hanya ini Yang Ku PunyaWahyudi Warsaintia
HarapanSeya Zunya Uchiwa
Harapan BaruMuhammad Toriq
Hari KartiniMugito Guido
Hari Terakhir Untuk SalmaAya Lukluk
Harus Kuat Sebagai UlatHeru Prasetyo
Hidup Berawal dari MimpiJaja Nurjaman
Hidupku Tak Sepahit Jamu IbukuChoirul Imroatin
Hikmah Dalam HidupkuSintiya Nuri
Hinaanmu Jadikan Motivasi UntukkuSari Sustianto
Hitam Putih PergaulanAulia Farhah FA
Hujan Dalam Satu HarapanAkmal Farid
Hujan PertamaYudik Wergiyanto
Hukuman yang Tak AdilHidayatulloh Handoyo
Hutang Tingkat DewaWayan Widiastama
I Can’t Take it AnymoreLyna Audiena Wijayanti
I Heart YouRusyda Andini
I Love Mom and DadReyhana Amalia
I’m is Reporter (Part 1)Dziky Iskandar
I’m Sure, I Can Do It!Elfina Astin
IbuNadia Safarah
Ibuku Arti SahabatkuMutiara Devit Merlinda
Identitas GulaRizqi Ardiansyah Tindaon
Ifa Yang di Dunia Maya Bukan Ifa Yang SebenarnyaMuhammad Rafid Nadhif Rizqullah
Ikatan TerkuatkuApp
Ilalang dan Rumah Laba LabaChoirul Imroatin
ImpianQisthi Zulfa
Impian Anak KampungJohan Syah
Impian Anak PemulungGleam Pratama
Impian Angsa KecilLina Purniawati
Impian Hati menjadi HabibieDiyah Ayu Rahmatika
Impian KayraSharifa Hasna Mahira
In My LifeMasita Rais
In O2SN SemarangLena Sutanti
Indahnya KebersamaanAlfan Fadilah
Ini Berlian… Bukan SampahFadillah Amalia
Inilah Saat yang Kami TungguSlamet Samsoerizal
Inner BeautyGiselle Iona Rachel Tuelah
Inspirasi Dalam GelapAffiantara Marsha Yafenka
Inspirasiku Lewat MusikAan
It’s My PassionSadryna Evanalia
Jalan HidupkuNur Isna Aulya
Jangan Ikut-ikutanLalia Oktiarisqa
Jangan Marah Dong PutriNizahsy Lubis
Jangan MenyerahAuliya Fatimah Nur
Jatuh 7 KaliHernita Sari Pratiwi
Jejak TerakhirMuhammad Septian Rachmandika
Jejak-Jejak Keajaiban MimpiAbdus Salim
Jemari Tuhan Telah MerangkulnyaRahimah Permata Sari
Jilbab dari SahabatkuAnita Avianti
Jiwa Pramuka YudiYulian Rahma
Jl. Flamboyan No. 9Dicky Cahyo
Joni dan Galah IstimewaMuhammad Labib Naufaldi
Just Carry OnWilliam Kamarullah
Kado Terbaik Untukku DariNyaBondan Ratnasari
Kakakku TersayangAngel Lika. S.
Kami Tak BerwajahAhmad Alkadri
Kapsul Cita-CitaNatasha Cynthia
Karena Aku Atau Pencak Silat?Dealya Adira
Karena di Atas Langit Masih Ada LangitAdinta Asfiratun Husna
Karena kau, Sahabat!Tutut Setyorinie
Kaset PenyemangatSalsabila Prameswari
Kau Tetap SahabatkuJuwita Palvin
Ke Rumah PresidenMiga Imaniyati
Keajaiban Saat PesimisReimut
Kebahagiaan Kita SemuaGaluh Rengganis Nugrahaini
Keberanian NadhiaMurni Oktarina
Kebohongan Yang IndahRosmania Robbi C
Kecurigaan DeandraRegita Aryaputri Lesmana
Kedamaian DuniaFadillah Amalia
Keikhlasan Hati AmirManda Ms
Keluarga itu, Keluarga BaitiSlamet Mulyani
Keluargaku MotivasikuM. Hasan Basri
Kematian Tanpa SesalAnteng Maya Surawi
Kembalinya Seorang AktivisMagvirasari Lestari Linra
Kenangan Emak TikHendrawan Ardiansyah
Kenapa Harus AkuYoshe Azura
Kesabaran Dan Perjuangan PutriMega Ayuna Rizki
Kesatria Dari Ujung DesaMuhammad Suhendar
Kesederhanaan Sebuah Cita-CitaDiana Margareta
KesedihankuFairuz Zakyal 'Ibad
Kesuksesan Tuhan Yang AturJhumar Masadian
Keteguhan HatiSyamkhan Habibi
Ketika Hancur Hati IbuRosmania Robbi Chatun
Kisah Cintaku Yang PertamaAgus Purnamasari
Kolak Pelangi dan Sholat DhuhaFarhan Ramadhan
KolaseZainuddin Muza
Kopi PendingFinlan Adhitya Aldan
Kotak Cinta Untuk IbuChoirul Imroatin
Kotak ImpianM Yusuf
Kristal BeningUlfa Nurul Hidayah
Ku Kayuh Ribuan MimpiSriami Wulandari
Kuihat Lirihan SuaraHenydria
Kupu Kupu MalamHari N. M
Kupu-Kupu di Dalam HujanSelmi Fiqhi
Kura-kura dan KudaSiti Ainun Pratiwi Indra
Kutukan PurnamaKachonk Rofiqz
Langit ituAzzam Azizah Fiqli
Lantunan Sendu Melodi BiolakuRiska Putri Meiyana
Lara Prihatini Si Gadis PrihatinDona Ariani
Laron Juga Ingin PacaranShalahuddin
Layangan BumiAnnisa Mauliddina
Lebih Dari SatpamRized Wiasma
Lelaki Paruh Baya di Sekolah TuaNilma Yuliza
Lelaki Tua yang Merindukan BintangAdri Wahyono
Lelucon TakdirIfarifah
Lembaran Kertas HijauHaryanti
Lentera Tak BerujungSintyawati
Lidah DoniWilly Sitompul
Lihat Semangat KamiAndi
Lili (Menjadi Diri Sendiri)Okty Imagine
Lilin HarapanAmalia Septiani Radiva
Lintang KemukusYosi Prastiwi
Lobang Hidung LohiWilly Sitompul
Loper CilikNurvita Rachmadania Winanti
LorongAditya Prana Iswara
Lorong GelapPatrick Hariadi
Love In BostonDian Setianingsih
Ludah Untuk Si CerminHari Arianto
Luka Tak BerdarahZ.Hilmiah
Makna di Hari Raya Idul FitriGaluh Rengganis Nugrahaini
Malaikat Pun Menangis AyahDiandra Aini
Mama dan AkuRani Putri
Manusia-Manusia TrotoarMuhammad Edgar Hamas
Markonah dan Uang Lima RibuanWilly Sitompul
Masa Depan Anak Seorang PemulungWahyu Rizky Ramadhan
Matahari pun Tak BosanDanil Gusrianto
MataharikuAsri Nur Aisyah
Matematika is My LifeVindasya Almeira
Matematika? Siapa Takut!Fitri Rosadela
Mati Dalam Angan (Part 1)Affiantara Marsha Yafenka
Mati Dalam Angan (Part 2)Affiantara Marsha Yafenka
Mawar Terakhir Dari BundaDevi Upi Lestari
May Day (Perjuangan Tanpa Akhir)Wahyudi Warsaintia
Mbah MinRiza Fahriza
Melawan Rasa TakutMiftahul Farhani Isty
Menanam Seribu PohonVindasya Almeira
Menanti LaraR. Ayu Chairunnisya
Menebus MimpiNayudin Hanif
Menggenggam ImpianUmmie Sakdiah Babers
Menghitung HariAyu Sari Listianda
Menjadi Yang KuinginkanNurdiyansah
Menjaring MatahariLedy Triananda
Menjelang Ujian Tengah SemesterRifky Adni
Menyesal TanpamuNona Nada Damanik
Merdeka Atau Tidak Sama SekaliRiky Fernandes
Mereka Bilang Aku Gila (Part 1)Wulan Puspa Indah
Mereka Bilang Aku Gila (Part 2)Wulan Puspa Indah
Mesin Pemahat MimpiAjeng Laksmi
Meski Tanpa AyahKharisma Titah Utami
Metamorfosa Malaikat Tanpa SayapAmbiwwa Novita
Milikku Milikmu Milik KitaListya Adinugroho
MimpiFarah Fakhirah
Mimpi Secarik KertasUlfah Heroekadeyo
Mimpi Si Anak KambingNurhikmah Hakiki
Mimpi untuk DuniaNurul Ramadhaniah
Miracle Of Giving FoolKinanti Tiara Dewi
Miskin “Bermanfaat” Kaya “Bermartabat”Fajar Rofinanda
Miss Culun Menjadi Miss BeautyAdhenna Zakia A
Miss Eum nya Tak Mau Neneng FotoAde Qisti
Misteri Gadis Kecil di Rumah KosongPingkan Aulia Samara
Move OnSiska Pratiwi
Mrs. PerfectNova Seflylya
Mutiara HatiSilmi Kaffah
Mutiara Tanpa CelaFaddilatusolikah
My Book DiaryOldheva Genisa
My Dream Comes TrueBadriyah
My Freaks HolidayUrai Benny Novriady
My Heart For The ChildrenWidya Laksari Sastri
My Life Without SoundChick-A-Dee
My Love is REAL!App
My MistakesFilla Giani
My PromiseAch. Arya Muhammad
Nasihat AyahMusrinah
Nay, Sang TerataiAya Emsa
Nenek ku PahlawankuAhmat Rasyid
Nenek Tua di Sisi KotaTutut Setyorinie
Nyanyian Pagi di VictoriaRan Azlaff
Obat Alami LayilaNaila Izzati Mushafa
One By OneMuhyiddin El Febiens
One Day To RememberDjunita
Padamu Wanita IndonesiaAnnisa Yuni Thorika
Pagelaran TerakhirBolok Sitompul
Pahlawan KecilkuErna Hidayanti
Pahlawan SenjaAstrid Septiani Wulandari
Pandangan MayaFitri Nur Faizah
Panggil Aku Pahlawan PenghianatImron Supriyadi
Pantang MenyerahKhoirul Umam
Pedang KehidupanGede Agus Andika Sani
Pelangi Sesudah HujanRahimatus Sania
Peleburan RasaYeni Ayu Wulandari
Pelita Hati yang KerontangKhoirur Rozikin
Pelita HidupkuSuci Lestari
PembuktianTriyana Aidayanthi
PenalunaAnne Widy
PengabdiankuAnnisa Mega
Pengamen JalananErni Ristyanti
Penggemar RahasiaMuhammad Rafid Nadhif Rizqullah
Pengorbanan Cinta SejatiIrene Lie
Penyair dan MusisiDhika Zakaria
PenyesalanJuanti
Penyesalan TerdalamAndias Putri
Penyesalan TerlambatLaila Insyafah
Perbedaan Itu Mampu Menembus Dunia KelamkuBestiani Mustikaningsih
Perbedaan Jadi Tidak BerartiSri Siswati Tahir
Perjuangan Agar Bisa Menghafal PantunGiselle Iona Rachel Tuelah
Perjuangan Hidupku Dalam Menuntut IlmuSupardin
Perjuangan IbuUlfa Nurul Hidayah
Perjuangan RevitaMila Dita Khotimah
Perjuangan Tanpa Pandang BuluSekar Arum Purbarani
Perpisahan AkhirGea Septa
Persahabatan Chintya dan SiscaAbdullah
Persahabatan yang AbadiAnnisa Berliana Dewi
Persembahan Buat Mama (Part 2)Rita Lestari
Persiapkan DirimuAgus Purnamasari
Pertemuan 5 SahabatIsnaifa
Perubah Hidup Pemulung CilikErdin Suharyadi
Pesan Yang KurangNika lusiyana
Pesawat KertasPutri Novitasari
Pianis PesimisDandi Tri Dirgantara
Pirate KingDini Aprilia Purnamasari
PlatinumTara Rahendya Elfrida
Pohon Mangga Mbah KartoRoni Istianto
Pompom Girls Cheerleaders TeamSyahla Varelya Threonizzahra
Positif KecanduanAna Rifqi Jamil
Pribadi Lebih BaikFadillah Amalia
Pulau HamilSiswari
Putri Bulan dan Dewa LautRibka Sepatia
Rahasia Bintang KelasAldi Rahman Untoro
Rahasia Sebuah PeristiwaAhmad Ghulam Azkiya
Rembulan di Kolong LangitNurlaela A. Awalimah
Rencana Allah Pasti IndahArif Syahertian
RenungkanAlfred Pandie
Rintihan LidahSelmi Fiqhi
Roh Penunggu HutanRendy Mahendra
Romansa KehancuranRiky Fernandes
Saat Nisa Mengatakan BisaNur Faisah
Sacrifice of LoveSalsa Hanifa
Sahabat SejatiSarah Aprilia Andini
Sahabat Yang PertamaGiselle Iona Rachel Tuelah
Sajadah Buat EmakR. Marena
Saksi Bisu Pengorbanan GuruChick-A-Dee
Salah SiapaNi Made Eva Yuliantari
Sandiwara CintaAhmad Azwar Avisin Alhaidar
Satirung PesegYuni Maulina
Say No To DrugsCindy Amanda N
Say Nothing Of Sorry and LoveSherly Yulvickhe Sompa
Sebuah AsaSimah Ayu Lestari
Sebuah Jawaban diujung JurangBryan Adams
Sebuah Karma di 2017Kariza Rai Shafira
Sebuah Nama, Sebuah MisteriGatut Putra
Secret (Rahasia)Alif Kurniawan
SedekAH membawa berkAH untuk semuanyAH…. AH… AH… AHAgung Yansusan
Seekor Makhluk Sebuah DesaGuido Gusthi Abadi
Sehari Sebagai PatriotYustina Rena Oktaviana
Sekuntum Bunga KambojaMila Karlina
Selalu Ada JalanYudha Purwanda Azis
Selamat Jalan SahabatNursyamsi Syam
Semangat Juang Anak CacatWahyu Rizky Ramadhan
Semangat Pagi GurukuNurhikmah Hakiki
Semangat RanikaSelviana
Semangat Yang Tak TerkalahkanMuhammad Jaenal
Semua Akan Indah Pada WaktunyaSultan Oka
Semua Karena KauRirih Rakati Rigarimas
Semua Kerena-NyaAnitrie Madyasari
Semua Untuk AyahVivi Alviani
Semut Yang Pindah RumahDevi Yulia Rahmi
Senandung Indah Untuk TiaraRienz Gladies
Senja dan Catatan Tentang KitaYeni Ayu Wulandari
Senja di Tepi PantaiYuli setiawati
Senja Dipadang IlalangDamayanti Childiesh
Senyuman di Langit AwanggaDwi Surya Ariyadi
Sepasang Teratai MudaPuspita Sandra Dewi
Sepeda Kenangan Dari AyahGisca Ulfa Afiatika
Sepeda KumbangDeska Apriadi
Sepenggal LorosaePrabu Awang
Setangkai Bunga di Tebing GunungNuril Agri Famela
Seuntai Kalung Mutiara FatimahNamira Assyifa Prasetio
Si DogolMuhamad Rafael
Si Gadis KecilIndri Triyas Merliana
Si Kakek dan AkuImelda Oktavera
Si PintarAnnida Hasan
Si Siro Anak Musik RockExtrix Mangkepriyanto
Siapa yang Bersabar Pasti Akan BeruntungAnnida Hasan
Sikapku Untuk Bangsaku (Part 1)Nurul Fitrah Hafid
Sikapku Untuk Bangsaku (Part 2)Nurul Fitrah Hafid
Sisa HarikuJhaka Sena Putra Jala
Space Time (Perjalanan Ruang dan Waktu)Aliffiandika
StarAry Qmtonk
Story About Me and FriendsNamira Assyifa Prasetio
Stuck dan StagnanYeva Fadhilah Ashari
Suara Bintang Terdengar Hingga ke JepangSigit Pamungkas
Suara Sang KertasHalimatus Sa'adah
Suara SumbangNada Aisyah
Sunset IndrayantiFa Adzkiya
Sweet Seventeen KelabuAmanah D'penzy
SyukurkuUzmilatul Khoiroh
Tak Ada Prediksi Sukses Namun Masih Ada JalanAnisa Catteleya
Tak Ada Yang Berubah Meski Sayap Telah PatahAulia Farhah FA
Tak DisangkaDea firmansyah
Tak Lekang Oleh Waktu (Part 1)Puspa Allamanda
Tak Lekang Oleh Waktu (Part 2)Puspa Allamanda
Tak Lekang Oleh Waktu (Part 3)Puspa Allamanda
Tak Lekang Oleh Waktu (Part 4)Puspa Allamanda
Tak Seperti Dongeng “Gadis Penjual Korek Api”Selly Miarani
Tak UbahSelmi Fiqhi
Takdir SukriWahyudi Warsaintia
Taman DianPanji Asuhan
Tangan Yang DiatasMultazam
Teater NahkodaRafi Putri
Tekad NayyifFitri Ayu
TemanEdi Warsidi
Tembang KematianMuhammad Adhimas P
TentangTriyana Aidayanthi
Tentangku dan Ratusan OpiniEltio Atsiil
Terima Kasih 10 Tahun LaluHotma Lam Uli Marbun
Terima Kasih SahabatkuRahardian Shandy
Terima KasihkuFarhan Ramadhan
Terimakasih MotivatorkuFitri Melani
Terimakasih RatihWidyadewi Metta
Tetap Semangat Demi Kain KafanArif AlfanZa
Text Me, Please!Annisa Berliana Dewi
The CompetitionPuji Ratnataliasih
The Dark Fire (Part 2) Green Fire Death FireSelmi Fiqhi
The Gift of LoveDwipayana K
The Grondey and The First Experience (Part 2)Selmi Fiqhi
The Journey of LifeYuliyana
The Last Song For MomNadiyah Rahmah
The One to be BlamedS4stika
Tianna Dan Peri Yang DikutukVirtania Altariel
Time to Come a Freedom for PalestinaAghna Asbar
Tong TongDina Az zakie
Tuhan Membawamu KembaliSifandrea
Tujuan Hidup Seorang Gadis KecilAnti Dwi Putri
Tunanetra? Aku Bisa!Silvia Mayningrum
Uang Untuk Operasi IstrikuGaddang Arief
Ujung Jalan SunyiDira W
Untuk SahabatDestini
Untukmu…Firdausi As-Syuja'y
Usaha dan DoakuTuti Febrina Waruwu
Usaha dan Kerja KeraskuAldi Masda
Usaha Membeli LaptopNafa Putri Maharani
Usaha Membuahkan KeberhasilanDevelyne de Meichella
Valerie OliverianaTheresia Okvitawati
Waktuku Tak Menunggu Harapanku, Ibu.. AyahLiya Utari
Wanita KertasLuay Zahirul Ginting
Warna-Warni HujanTiara Purnamasari
Wayang IndonesiaSierra Aulia Shabihah
Weekend Bersama Alam PapandayanRusmiyati Suyuti
When The Caterpillar FlyIfarifah
Why Do We Break Up?Charlly Sermatan
Yang Bukan SegalanyaAsri Nur Aisyah
Yang Istimewa Belum Tentu SempurnaJade Elisa Putri
Yang Kau Pinjam Dari GarudaNadira Mufti
Yang Mengikutiku
Yang Tak Kan TerlupakanAmbiwwa Novita
Yang TerbaikRifqi M Rifai
You Are Inspiration in My LifeSierra Aulia Shabihah
ZawiaFairuz Zakyal 'Ibad


LOAD MORE INSPIRATIONS...

© www&mdot;nomor1&mdot;com · [email protected]&mdot;com · terms of use · privacy policy · 54.166.199.178
team developer · pt excenture indonesia · central park podomoro city · jakarta indonesia